MEMPERSIAPKAN CALON GURU PROFESIONAL MELALUI MATAKULIAH SPS
Menghadapi tantangan dunia pendidikan yang terus berkembang seiring kemajuan dan perubahan aspek-aspek pendidikan maka lembaga STKIP Weetebula terus melakukan perubahan dan perbaikan mutu lulusan dalam bidang keguruan. Melalui Lembaga Pengembangan Pembelajaran (LP2) merancang satu matakuliah baru. Adapun nama matakuliah tersebut “SEMINAR PRAKTEK SEKOLAH” yang disingkat SPS. Matakuliah tersebut dibuat untuk semua prodi di STKIP Weetebula. Bobotnya 4 SKS. Matakuliah tersebut merupakan upaya peningkatan mutu pembelajaran dengan sistem planning, monitoring, dan evaluasi (PME). Matakuliah SPS mengarah pada praktek mengajar selain matakuliah mengajar kecil, dan PPL.
Penekanan matakuliah SPS pada mahasiswa semester enam. Bentuk perkuliahan SPS dengan sistem PME. Adapun penjelasan bentuk perkuliahan dengan system PME sebagai berikut:
- Planning/perencanaan
Pada tahap perencanaan mahasiswa yang sudah dibagi dalam kelompok oleh prodi melakukan perencanaan pembelajaran dengan dosen dikampus secara bersama-sama. Topic atau materi pembelajaran disesuikan dengan batasan materi sekolah mitra/sekolah laboratorium. Mahasiswa dan dosen menyusun satu RPP singkat untuk diajarkan oleh satu mahasiswa. Sebelum praktek mengajar disekolah mahasiswa melakukan praktek mengajar dikampus dalam kelompok.
- Monitoring
RPP singkat yang dirancang pada tahap planning dipakai oleh mahasiswa untuk praktek mengajar dalam kelas disekolah mitra. pada tahap ini sekolah mitra menyediakan satu kelas untuk mahasiswa praktek mengajar. Pada saat kegiatan praktek mengajar, dosen pembimbing lapangan, guru pamong dan mahasiswa dalam kelompok secara bersama-sama berada dalam kelas. adapun hadiran pihak-pihak tersebut untuk mengobservasi kegiatan pembelajaran/interaksi guru dengan siswa. terdapat 16 item bentuk kegiatan yang diobservasi.
- Evaluating
Tahap evaluasi dilakukan di STKIP Weetebula. Dalam tahap ini, dosen pembimbing lapangan dan dan anggota kelompok mengevaluasi pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan pada tahap monitoring sebelumnya. Mengevaluasi bentuk interaksi guru dengan siswa. selain mengevaluasi pembelajaran yang sudah dilaksanakan, pada tahap evaluasi juga dilakukan kegiatan planning untuk pembelajaran berikutnya.
System PME sifatnya rolling system, yang terlibat dalam program SPS diharapkan mempunyai prinsip “Bersama Kita Belajar Mengajar”. *