Pengenalan bilangan bulat di kelas 4 melalui permainan “melompat pada garis bilangan”

Penulis

Dekriati Ate

Pendamping

Elmar Cohors-Fresenborg, Grassiana Misseri Cordia

Durasi: 01.01.2016 – 31.12.2016

Dalam proyek ini, sebuah lingkungan belajar baru yang digunakan untuk mengajarkan penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat di kelas 4 SD, dikembangkan dan diuji coba. Lingkungan belajar ini dirancang sebagai permainan untuk menggambarkan lompatan pada garis bilangan berbasis aturan. Konsep ini dirancang sebagai dunia mikro untuk pemahaman matematika tentang teori bilangan bulat, yang berarti bahwa siswa mengantisipasi perumusan definisi dan teorema serta pembuktiannya melalui deskripsi formal dan perumusan wawasan baru.

Dalam proses ini, budaya pengajaran metakognitif-diskursif juga dipraktikkan.

Publikasi:

Ate, D. (2021). Enhancing primary school students’ competencies in step by step controllable argumentation using a new learning environment. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 8(1), 73–82.

Ate, D.; Zulkardi; Putri, R. I. & Cohors–Fresenborg, E. (2016). Jumping Forth and Back – A Game as a Microworld for Learning Addition and Subtraction of Integers. In Proceedings of the 3rd International Education Postgraduate Seminar (IEPS) 2016, University Technology of Malaysia, Johor Bahru, Malaysia.

Informasi selanjutnya dapat dilihat pada: https://unika-weetebula.ac.id/lembaga/lembaga-matematika-kognitif-lmk/artikel/

Galeri Video

Loading