Profil

PROFIL PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA

A. Visi Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia

Menjadikan Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia sebagai pengembang tenaga pendidik  di bidang bahasa Indonesia yang beriman, profesional, bermoral, kreatif, kompetitif dan bermanfaat bagi kehidupan berbangsa dan bernegara.

B. Misi Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran untuk menghasilkan tenaga pendidik  di bidang bahasa Indonesia yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, bermoral dan berintegritas tinggi, kreatif, dan mempunyai rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.
  2. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang akuntabel untuk menghasilkan tenaga pendidik yang profesional.
  3. Menyelenggarakan pendidikan  yang mengutamakan pada pembinaan  moral melalui kegiatan pembinaan kemahasiswaan.
  4. Melatih mahasiswa/i untuk menjadi tenaga pendidik  yang kreatif dan inovatif dalam mendesain model, metode, strategi pembelajaran  melalui kegiatan pelatihan atau workshop.
  5. Melaksanakan kegiatan  penelitian bagi dosen dan mahasiswaa yang kompetitif dalam bidang bahasa Indonesia.
  6. Melaksanakan pengabdian sebagai wujud tanggung jawab terhadap masyarakat melalui penerapan  ilmu pengetahuan dan teknologi  dalam bidang bahasa.

C. Tujuan Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia

  1. Mampu menghasilkan lulusan tenaga pendidik dan kependidikan di bidang bahasa Indonesia yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Menghasilkan tenaga pendidik dan kependidikan yang dedikatif, dan akuntabel atas profesinya.
  3. Melahirkan tenaga pendidik dan kependidikan yang jujur, adil dan  bertanggung jawab.
  4. Menghasilkan tenaga pendidik dan kependidikan yang mampu menciptakan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan dalam bidang bahasa Indonesia.
  5. Menghasilkan lulusan yang mampu bersaing di tingkat lokal, regional, nasional dan internasional.
  6. Melahirkan lulusan yang memiliki kerelaan dan kemampuan mampu mengabdikan diri baik dalam bidang akademik maupun non akademik demi kepentingan kehidupan berbangsa dan bernegara.

D. Profil Lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia

Profil LulusanDeskripsi Profil Lulusan
1. Tenaga Pendidik PemulaMampu menguasai bidang keilmuan pendidikan Bahasa Indonesia (Kognitif),:b) Memiliki kecerdasan emosional,sosial dan spritual (Afektif): c) Menguasai keterampilan pedagogik (Pemahaman peserta dan pembelajaran yang mendidik): d) Memiliki kompetensi di bidang IPTEK.
2. Peneliti PemulaMampu meneliti dan mengkaji masalah-masalah yang berhubungan dengan pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia dan daerah. (Pendekatan, strategi, metode dan teknik pembelajaran)
3. Praktisi BahasaMampu berperan dalam bidang kebahasaan dan kesussastraan Indonesia dan daerah di masyarakat: sastrawan, budayawan, jurnalis, dan edupreneur.

E. Capaian Pembelajaran

  1. Sikap
Capaian Pembelajaran Sikap Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia STKIP WeetebulaKode
a. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religious.S1
b. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika.S2
c. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.S3
d. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinil lain.S4
e. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.S5
f. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.S6
g. Menginternalisasi nilai semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.S7
h. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.S8
i. Mampu beradaptasi, bekerja sama, berkreasi, berkontribusi, dan berinovasi dalam menerapkan ilmu pengetahuan pada kehidupan bermasyarakat serta memiliki wawasan global dalam perannya sebagai warga dunia.S9
j. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang Pendidikan bahasa dan sastra Indonesia secara mandiri.S10
k. Memiliki rasa percaya diri dan bangga sebagai calon pendidik dalam menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai dengan konteks komunikasi sosial.S11
l. Menghargai kearifan lokal sebagai bagian dari proses pembelajaran bahasa dan sastra.S12

2. Pengetahuan

Capaian Pembelajaran Pengetahuan Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia STKIP WeetebulaKode
a. Menguasai prinsip dan teori pendidikan di jenjang menengah mencakup Perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran serta psikologi pendidikan.P1
b. Memahami prinsip dasar teori kebahasaan (linguistik umum, fonologi, morfologi, sintaksis, semantik, pragmatik dan wacana)P2
c. Memahami prinsip dasar dan teori kesusastraan (Teori sastra, sejarah sastra, kritik sastra, apresiasi drama, apresiasi puisi,apresiasi fiksi)P3
d. Memahami konsep keterampilan dasar kebahasaan meliputi menyimak, berbicara, membaca dan menulisP4
e. Menguasai perkembangan IPTEKP5
f. Menguasai konsep dasar metodologi penelitianP6
g. Memahami prinsip dasar kebahasaan dan kesusastraan Indonesia dan daerah secara praktis.P7

3. Keterampilan Umum

Capaian Pembelajaran Keterampilan Umum Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia STKIP WeetebulaKode
a. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannyaKU1
b. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.KU2
c. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.KU3
d. Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.KU4
e. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.KU5
f. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.KU6
g. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya.KU7
h. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.KU8
i. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.KU9

4. Keterampilan Khusus

Capaian Pembelajaran Keterampilan Khusus Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia STKIP WeetebulaKode
a. Menerapkan prinsip dan teori pendidikan di jenjang Menengah mencakup Perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran serta psikologi PendidikanKK1
b. Menerapkan prinsip dasar teori kebahasaan (linguistik umum, fonologi, morfologi, sintaksis, semantik, pragmatik dan wacana)KK2
c. Menerapkan prinsip dasar dan teori kesusastraan (Teori sastra, sejarah sastra, kritik sastra, apresiasi drama, apresiasi puisi,apresiasi fiksi)KK3
d. Menerapkan konsep keterampilan dasar kebahasaan meliputi menyimak, berbicara, membaca dan menulis:KK4
e. Menerapkan konsep keterampilan dasar kebahasaan meliputi menyimak, berbicara, membaca dan menulis:KK5
f. Menguasai konsep dasar metodologi penelitianKK6
g. Memahami prinsip dasar kebahasaan dan kesusastraan Indonesia dan daerah secara praktis.KK7

Galeri Video

Loading