Profil Program Studi Pendidikan Fisika
A. Visi Program Studi Pendidikan Fisika
Menjadi Program Studi yang professional dan progresif sehingga mampu menghasilkan guru yang berkemampuan akademik tinggi, kreatif,inovatif, mencintai nilai-nilai kemanusiaan dan bertanggungjawab dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya
B. Misi Program Studi Pendidikan Fisika
- Menyelenggarakan proses pembelajaran yang kretif dan inovatif.
- Meningkatkan kualifikasi dan kompetensi tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang profesional.
- Menyelenggarakan pembinaan kemahasiswaan yang mencintai nilai-nilai kemanusiaan dalam bidang penalaran, bakat dan minat serta kesejahteraan mahasiswa.
- Meningkatkan standar nasional pendidikan dengan menerapan kurikulum Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI)
- Mengembangkan dan melaksanakan penelitian di bidang pendidikan fisika, dan fisika teori dan terapan dalam rangka meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran.
- Melaksanakan pengabdian dalam rangka aplikasi keilmuan dan optimalisasi pemanfaatan ilmu pendidikan fisika bagi masyarakat.
- Mengembangkan kemitraan dengan berbagai pihak yang saling menguntungkan dan tidak mengikat dengan lembaga lain.
C. Tujuan Program Studi Pendidikan Fisika
Menghasilkan sarjana pendidikan fisika yang mampu menguasai teori, konsep fisika dan terapannya dalam proses pembelajaran dan dalam kehidupan sehari-hari untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia
D. Profil Lulusan
Profil Lulusan | Deskripsi Profil Lulusan |
1. Sebagai Pendidik Fisika | Lulusan Program Studi Pendidikan Fisika dapat melakasanakan tugas pokok dan fungsinya dengan menguasai empat kompetensi dasar (Kompetensi Profesional, Pedagogik, Sosial dan Kepribadian), mampu mengaplikasikan IPTEK dan beriman |
2. Pengelola Laboratorium Fisika Sekolah | Lulusan Program Studi Pendidikan Fisika dapat mengelola dan memanfaatkan laboratorium yang menunjang pelaksanaan kegiatan belajar mengajar. |
3. Sebagai Wirausahawan | Lulusan Program Studi pendidikan Fisika memiliki kreativitas dalam memanfaatkan IPTEK dan kearifan lokal untuk berwirausaha |
4. Sebagai Peneliti | Lulusan Program Studi Pendidikan Fisika Memiliki kemampuan untuk melaksanakan kegiatan penelitian pendidikan dan keilmuan, melalui kegiatan perencanaan, pelaksanaan, melaporkan dan mempublikasikan hasil penelitian |
E. Capaian Pembelajaran
- Sikap
Capaian Pembelajaran Sikap
Program Studi Pendidikan Fisika STKIP Weetebula |
Kode |
a. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religious. | S1 |
b. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika. | S2 |
c. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila. | S3 |
d. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta tanggungjawab pada bangsa dan negara. | S4 |
e. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinil lain. | S5 |
f. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan. | S6 |
g. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. | S7 |
h. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik. | S8 |
i. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri. | S9 |
j. Menginternalisasi nilai semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan. | S10 |
k. Memahami dirinya secara utuh sebagai Sarjana Pendidikan. | S11 |
l. Mampu beradaptasi, bekerja sama, berkreasi, berkontribusi, dan berinovasi dalam menerapkan ilmu pengetahuan pada kehidupan bermasyarakat serta memiliki wawasan global dalam perannya sebagai warga dunia. | S12 |
m. Memiliki integritas akademik antara lain kemampuan memahami arti plagiarisme, jenis-jenisnya dan upaya pencegahannya, serta konsekuensinya apabila melakukan plagiarisme. | S13 |
- Pengetahuan
Capaian Pembelajaran Pengetahuan
Program Studi Pendidikan Fisika STKIP Weetebula |
Kode |
a. Mahasiswa memahami konsep dasar ilmu fisika dan matematika dalam mengembangkan kemampuan berpikir filosofis dan kritis-logis serta memiliki keterampilan dalam mengembangkan pengetahuan |
P1 |
b. Menguasai konsep dasar Ilmu kependidikan, teori belajar dan pembelajaran, hakikat sains serta menguasai konsep dasar bimbingan dan konseling | P2 |
c. Menguasai strategi, pendekatan, metode, model dan media pembelajaran fisika yang berbasis IPTEK dan kearivan lokal yang berorientasi kecakapan akademik dan personal pada pembelajaran fisika | P3 |
d. Menguasai konsep dasar perencanaan pembelajaran, tujuan, isi, pengalaman belajar, penilaian berdasarkan kurikulum dan mampu mengkaji perkembangan kurikulum fisika sekolah | P4 |
e. Menguasai teknik analisis statistik dan metode penelitian, sebagai dasar pengembangan pembelajaan fisika | P5 |
f. Menguasai dasar-dasar manajerial sekolah | P6 |
g. Memiliki pengetahuan dan Kemampuan mengelola laboratorium fisika sekolah dan alat-lat laboratorium yang berbasis IPTEK dan kearifan lokal | P7 |
h. Memiliki pengetahuan dasar kewirausahaan dan kreativitas dalam memanfaatkan IPTEK dan kearifan lokal untuk berwirausaha. | P8 |
i. Memiliki pengetahuan dalam bidang teknologi dan aplikasinya dalam kehidupan masyrakat sehari-hari | P9 |
- Keterampilan Umum
Capaian Pembelajaran Keterampilan Umum
Program Studi Pendidikan Fisika STKIP Weetebula |
Kode |
a. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora dalam bidang pendidikan fisika. | KU1 |
b. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. | KU2 |
c. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi. | KU3 |
d. Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi. | KU4 |
e. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data. | KU5 |
f. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya. | KU6 |
g. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya . | KU7 |
h. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri. | KU8 |
i. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. | KU9 |
- Keterampilan Khusus
Capaian Pembelajaran Keterampilan Khusus
Program Studi Pendidikan Fisika STKIP Weetebula |
Kode |
a. Mahasiswa mampu menerapkan konsep dasar ilmu fisika dan matematika dalam mengembangkan kemampuan berpikir filosofis dan kritis-logis serta memiliki keterampilan dalam mengembangkan pengetahuan |
KK1 |
b. Mampu menerapkan konsep dasar Ilmu kependidikan, teori belajar dan pembelajaran, hakikat sains dalam pembelajaran fisika serta mampu melaksanakan kegiatan bimbingan dan konseling | KK2 |
c. Mampu menerapkan strategi, pendekatan, metode, model dan media pembelajaran fisika yang berbasis IPTEK dan kearifan lokal dalam pembelajaran fisika yang berorientasi kecakapan akademik dan personal | KK3 |
d. Mampu menerapkan teknologi informasi dan komunikasi dalam perencanaan pembelajaran, penyelengaraan pembelajaran, evaluasi pembelajaran, pengelolaan pembelajaran dan pengembangan kurikulum fisika sekolah | KK4 |
e. Mampu melaksanakan penelitian dasar berdasarkan kajian statistika dan mendiseminasikan karya akademik dalam bentuk publikasi dalam laman perguruan tinggi/atau jurnal bereputasi | KK5 |
f. Mampu menganalisis dan menerapkan konsep dasar manajemen sekolah dan mengambil keputusan berdasarkan data dan informasi | KK6 |
g. Mampu mengelola dan merancang alat-lat praktikum berbasis IPTEK dan kearifan lokal | KK7 |
h. Mampu memanfaatkan teknologi informasi untuk berwirausaha | KK8 |
i. Mampu menghasilkan produk teknologi sederhana dan memanfaatkan dalam kehidupan masyarakat sehari-hari | KK9 |