Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

VISI:

Visi keilmuan PS PGPAUD sejalan dengan visi STKIP Weetebula yakni: “Mengembangkan Pendidikan dan Pembelajaran Tenaga PAUD yang Profesional, Inovatif, Kreatif, Unggul, Berkarakter, dan Berbasis Budaya Lokal”.

MISI:

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran anak usia dini untuk menghasilkan guru Pendidikan Anak Usia Dini yang kreatif,  inovatif, dan berkarakter unggul.
  2. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian yang mengacu pada teknologi berbasis masyarakat untuk kemajuan pendidikan khususnya Pendidikan Anak Usia Dini.
  3. Menyelenggarakan sistem pembinaan kemahasiswaan yang berkualitas untuk  peningkatan keterampilan belajar, keterampilan literasi dan keterampilan hidup.
  4. Menyelenggarakan sistem pengelolaan Pendidikan Guru Anak Usia Dini yang dinamis, efektif, dan akuntabel.
  5. Mengembangkan kerjasama dalam bidang Pendidikan Anak Usia Dini dengan lembaga lain baik secara lokal, regional, nasional dan bahkan internasional

TUJUAN:

  1. Menghasilkan pendidik PAUD yang menguasai ilmu gizi seimbang, gejalagangguan kesehatan, gejala penyakit menular, cara pencegahan penyakit, serta terampil dalam pengasuhan anak usia dini;
  2. Menghasilkan Pendidik yang memiliki kemampuan pedagogik, mampu mengelola pembelajaran  yang kreatif, inovatif, berkarakter, menyenangkan serta mampu menjadi pengasuh dalam mengembangkan aspek-aspek perkembangan anak usia dini;
  3. Menghasilkan pendidik PAUD yang menguasai tata kelola kelembagaan PAUD secara komprehensif, kreatif, inovatif, dan mampu menyediakan layanan pendidikan inklusi, dan menerapkan nilai-nilai core values universitas;
  4. Menghasilkan pendidik PAUD yang adaptif dan mampu bekerjasama dengan anak, kolega, orang tua dan para pemangku kepentingan lainnya,
  5. Menghasilkan pendidik PAUD yang mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan melalui lifelong learning

PROFIL LULUSAN:

Pendidik PAUD (Sarjana PAUD):

Pendidik di TK dan PAUD yang menguasai empat rumpun kompetensi guru dan Technological pedagogical and Content Knowledge (TPACK), memiliki kemampuan pedagogik, mampu merencanakan, menerapkan dan mengelola pembelajaran  yang kreatif, inovatif, aktif dan menyenangkan serta mampu memecahkan permasalahan pembelajaran PAUD, menguasai penggunaan berbagai sumber belajar, media pembelajaran serta menjadi pengasuh dalam mengembangkan aspek-aspek perkembangan anak usia dini.

Praktisi Pemula PAUD:

Praktisi pemula memiliki kemampuan dalam penelitian di bidang pendidikan dan pembelajaran AUD yang mampu melakukan dan menerapkan riset tingkat pemula dengan pendekatan kuantitatif dan PTK dalam rangka penyelesaian masalah PAUD

Pengelola PAUD:

Mampu menjadi Kepala PAUD/TK yang dapat merencanakan, mengelola, dan memecahkan masalah dan tata kelola kelembagaan di PAUD dan mampu mengembangkan PAUD melalui pendekatan demi terwujudnya nilai-nilai (core values STKIP) secara logis komprehensif, kreatif dan inovatif serta mampu menyediakan layanan pendidikan inklusi.

  1. CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN PROGRAM STUDI

Capaian pembelajaran program studi PG PAUD meliputi aspek sikap, pengetahuan, keterampilan umum, dan keterampilan khusus (KKNI, 2008).

  1. Aspek sikap: sikap religius, cinta tanah air, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, menjunjung tinggi nilai kemanusiaan, berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan, menghargai keanekaragaman, bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial, taat hukum, menginternalisasi nilai, beradaptasi, bekerja sama, berkreasi, berkontribusi, dan berinovasi, serta memiliki integritas.
  2. Aspek pengetahuan: konsep PAUD yakni aspek perkembangan anak dan pola perkembangannya; Kurikulum PAUD yakni standar tujuan, standar isi, standar proses, dan standar penilaiannya; Pembelajaran anak usia dini yakni model-model/strategi/pendekatan pembelajaran, penerapan esensi bermain dalam pembelajaran, pemanfaatan muatan atau potensi lokal; Penilaian PAUD yakni jenis penilaian, teknik penilaian, instrument penilaian, dan pemanfaatan hasil penelitian; Bahan ajar PAUD yakni penyusunan, pemanfaatan, dan pengembangan bahan ajar PAUD; Penelitian PAUD yakni cross sectional dan longitudinal study; Teknologi yakni pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi, teknologi elektronik, dan teknologi pembelajaran; Kompetensi guru anak usia dini yakni empat rumpun kompetensi guru nasional dan TPACK; Standar sarana dan prasarana yakni  penataan kelas anak usia dini, penataan sekolah anak usia dini, dan penataan lingkungan belajar anak usia dini; Pengelolaan pendanaan anak usia dini yakni perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan anggaran sekolah.
  3. Aspek keterampilan umum: mampu bertanggungjawab atas pekerjaan dibidang keahliannya secara mandiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja institusi atau organisasi dengan mengutamakan keselamatan dan keamanan kerja; mampu mengambil keputusan yang tepat dalam melakukan supervisi dan evaluasi terhadap pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya; mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sesuai dengan bidng PAUD; mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
  4. Aspek keterampilan khusus: mampu menyusun Program Tahunan (Prota); Program Semester (Promes); Rencana Kegiatan Mingguan (RKM); Rencana Kegiatan Harian (RKH); membuat APE; menyusun bahan ajar anak usia dini; melaksanakan pembelajaran anak usia dini; melaksanakan asesmen anak usia dini; memiliki keterampilan dalam mengasuh anak usia dini.

Kelompok Matakuliah

Sebaran Per Semester

DAFTAR DOSEN PGPAUD

NONIDNNAMAKETERANGAN
10825058809Rahel Maga Haingu, M.Pd.Ketua Program Studi
20810109001Rosalia Leda, M.Pd.Sekretaris Program Studi
30806129101Lidia Vera Bessu, M.Pd.Dosen
41519128901Dominggus Lero Bili, M.Pd.Dosen
51514089101Fransiskus Ghunu Bili, M.Pd.Dosen
60822108502Heronimus Dappa Ama, M.Pd.Sedang Studi S3 di Universitas Negeri Yogyakarta

Galeri Video

Loading